Juggling Elephants

by tjok

Saya baru saja selesai membaca buku yang saya pinjam dari perpustakaan Tembagapura. Buku tersebut berjudul “Juggling Elephants” (sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan judul The Success Story of Life). Tema buku ini, menurut saya, cukup menarik (walaupun tema sejenis sudah banyak dibahas di buku-buku lain). Oleh karena itu, dalam tulisan ini, saya mencoba untuk men-summary-kan isi buku ini.

Buku ini membahas kiat-kiat bagaimana meraih sukses dalam pekerjaan, keluarga dan persahabatan. Tema ini sengaja diangkat oleh pengarang buku ini, Jones Loflin (penulis pendamping Who Moved My Cheese) dan Todd Musig, mengingat banyak orang yang merasa frustasi dengan hidupnya. Banyak orang yang tidak dapat menemukan kepuasan dalam hidupnya sekalipun orang tersebut memiliki pencapaian yang tinggi di dalam karirnya. Pada intinya, buku ini mencoba memberikan tips kepada pembacanya untuk menyeimbangkan tiga aspek dalam hidupnya (yang diilustrasikan sebagai arena-arena sirkus) yaitu pekerjaan, keluarga dan persahabatan.

“Juggling Elephants” atau “Melempar gajah ke udara” adalah metafor yang digunakan untuk memberikan gambaran akan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Menurut pengarang, banyak orang yang berusaha terlalu keras mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal yang sesungguhnya sudah di luar batas kemampuan mereka. Contohnya, terlalu sibuk mengejar karir, bahkan di hari libur tetap bekerja, hingga tidak ada waktu lagi dengan keluarga mereka.

Yang menarik dari buku ini adalah gaya bercerita yang ditampilkan dalam bentuk dialog antartokoh dimana tokoh utama dalam buku ini yang bernama Mark (tokoh yang merasa tidak puas dengan ketiga arena sirkus kehidupannya) belajar dari pawang sirkus bernama Victor dan Dominic mengenai filosofi kehidupan yang dianalogikan sebagai sebuah sirkus.

Secara singkat, di bawah ini adalah beberapa poin yang bisa dipelajari dari buku yang pernah diterbitkan juga dengan judul “Hidupmu adalah Sirkusmu”: 

  • Diri kita dapat dianalogikan sebagai seorang pemandu sirkus yaitu orang yang bertanggung jawab dan memegang kendali penuh atas pencapaian kesuksesan sebuah pertunjukan sirkus.
  • Seorang pemandu sirkus tidak mungkin berada di dalam ketiga arena atau di tengah kelompok pemain sirkus yang berbeda, pada waktu bersamaan. Ketiga arena yang dimaksud mewakili kehidupan pekerjaan, keluarga dan persahabatan kita. Artinya, kita harus fokus pada “arena” dimana kita berada pada saat itu, namun sesekali, kita perlu pindah ke arena yang lain, secepat mungkin. Misalnya adalah pada saat kita sedang bersama keluarga kita, jangan pikirkan pekerjaan kantor anda. Untuk mendapatkan hubungan atau hasil yang berkualitas, anda perlu meletakkan fokus anda pada apa yang anda kerjakan pada saat itu.
  • Kunci keberhasilan suatu  pertunjukan sirkus adalah menggabungkan setiap kelompok atraksi sirkus sehingga babak demi babak dapat berjalan secara berkesinambungan.
  • Kita harus dapat memutuskan, pada saat manakah kita harus memasuki suatu arena sirkus dengan tepat.
  • Setiap aksi harus memiliki sasaran yang pasti.
  • Hubungan antara pemandu sirkus dan pelaku atraksi akan memengaruhi kesuksesan pertunjukan sirkus.
  • Setiap anggota tim adalah penting dan harus dikoordinasikan berdasarkan aksinya masing-masing secara tepat agar tim dapat meraih kesuksesan dalam kebersamaannya.
  • Pentingnya untuk menawarkan secara terus menerus suatu imbalan yang positif untuk prestasi kerja yang baik dari pemain sirkus. Sebaliknya, teguran harus diberikan kepada mereka yang membangkang. Berikan masukan yang membangun untuk pemain yang berperilaku negatif dan memiliki kinerja yang buruk tersebut.
  • Setiap orang memiliki harapan yang terselubung untuk dapat diwujudkannya. Namun, seringkali terhalangi oleh beban pekerjaannya sehari-hari.
  • Sesekali manusia perlu untuk tertawa, rileks dan keluar dari beban rutinitasnya.
  • ”Intermission” merupakan salah satu bagian penting dalam menciptakan suasana pertunjukan sirkus yang lebih baik.
  • Apa yang telah kau lakukan untuk meningkatkan kualitas masing-masing kelompok arena dari program sirkus kehidupanmu?
  • Pertunjukan sirkusmu selanjutnya, harus lebih baik daripada pertunjukan sirkus yang dilakukan pada hari ini.